Rabu, 09 Maret 2022. Kegiatan supervisi perangkat pembelajaran telah dilaksanakan di MTs-MA Darut Taqwa 1 Watukosek didampingi langsung oleh
Bapak Abdul Muhyi, selaku pengawas wilayah kab. Pasuruan. Seperti yang kita ketahui, supervisi/pengawasan merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh setiap Kepala Madrasah kepada guru. Supervisi merupakan salah satu kegiatan dalam dunia pendidikan yang berkelanjutan dan juga berkesinambungan. Hal ini yang nantinya akan membuat para tenaga pendidik khususnya guru menjadi lebih berkembang dalam proses pembelajaran serta guru mampu untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran secara efektif dan efisien.
Supervisi dilaksanakan tidak lain adalah untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan guru dalam menjalankan proses pembelajaran dengan berpacuan pada kurikulum pendidikan yang berlaku. Kurikulum dalam bidang pendidikan sebagai acuan para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efisien sehingga para siswa juga mendapatkan feedback yang maksimal dalam proses pembelajaran. Kurikulum berperan penting dalam proses peningkatan kualitas Guru. Oleh karena itu, guru profesional adalah guru yang mampu dan siap menerima perubahan dalam suatu lembaga pendidikan.
Pada kesempatan kali ini, supervisi yang dilaksanakan adalah mengenai perangkat pembelajaran yang telah dirancang oleh para guru di MTs- MA Darut Taqwa 1 Watukosek. Kegiatan ini diawali dengan pembinaan mengenai format yang baik dan benar dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP dengan menggunakan format kurikulum terbaru yakni RPP satu lembar, dimana dalam satu lembar RPP tersebut mencangkup komponen-komponen diantaranya tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,dan penilaian pembelajaran.
Pada kesempatan kali ini juga, para guru mendapatkan pembekalan dalam perancangan RPP yang benar oleh supervisor dimana dalam satu lembar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut para guru juga harus memuat komponen penilaian pembelajaran secara jelas dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dimana dalam proses pembelajaran para guru juga dituntut untuk mampu memberikan keterampilan abad 21 yang didalamnya terdapat penguatan pendidikan karakter, 4C yakni literasi,critical thinking, creative thinking,collaboration dan comunication, serta keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS.
Dengan berlangsungnya supervisi perangkat pembelajaran ini para guru diharapkan mampu untuk menerapkan dengan secara maksimal perangkat pembelajaran yang telah dirancang, sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku